Legenda Tentang Mitikal Banshee

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang Banshee, mereka membayangkan sosok yang mengambang dan spektral meratap dan umumnya sangat menakutkan. Anda mungkin juga menyadari kepercayaan lama yang menyatakan bahwa Banshees adalah pertanda kematian. Ini adalah kisah lengkap tentang Banshee.

Apa itu Banshee?

Seorang Banshee dikatakan sebagai peri dalam legenda Irlandia dan teriakannya dipercaya sebagai pertanda kematian. Teriakan itu juga disebut ‘caoine’ yang berarti ‘keening’ dan merupakan peringatan bahwa akan ada kematian segera dalam keluarga dan sebagai keluarga Irlandia dicampur dari waktu ke waktu, dikatakan bahwa setiap keluarga memiliki Banshee sendiri!

Banshee adalah roh tanpa tubuh dan dapat muncul dalam salah satu dari bentuk berikut:

  • Seorang wanita cantik mengenakan kafan
  • Seorang wanita pucat dalam gaun putih dengan rambut merah panjang
  • Seorang wanita dengan gaun perak panjang dan rambut perak
  • Seorang wanita tanpa kepala membawa semangkuk darah yang telanjang dari pinggang ke atas
  • Seorang wanita tua dengan mata merah yang menakutkan, gaun hijau dan rambut putih panjang
  • Seorang wanita tua dengan kerudung menutupi wajahnya, berpakaian serba hitam dengan rambut abu-abu panjang

Asal

Sejarawan telah melacak kisah-kisah pertama Banshee hingga abad ke-8 yang didasarkan pada tradisi di mana wanita menyanyikan lagu sedih untuk menyesali kematian seseorang. Wanita-wanita ini dikenal sebagai ‘tajam’ dan karena mereka menerima alkohol sebagai pembayaran, mereka dikatakan berdosa dan dihukum dengan ditakdirkan menjadi Banshees. Menurut mitologi Banshee, jika dia terlihat, dia akan menghilang menjadi awan kabut dan tindakan ini menghasilkan suara yang mirip dengan burung yang mengepakkan sayapnya. Legenda mengatakan bahwa Banshe tidak menyebabkan kematian; mereka hanya berfungsi sebagai peringatan.

Banshees – The Good & Bad

Tidak semua Banshe adalah makhluk yang dipenuhi kebencian; ada beberapa yang memiliki ikatan kuat dengan keluarga mereka dalam kehidupan dan terus mengawasi mereka dalam kematian. Ketika mereka memanifestasikan diri mereka, Banshees ini tampil sebagai wanita cantik yang mempesona yang menyanyikan lagu sedih yang penuh dengan kepedulian dan cinta untuk keluarga mereka. Lagu ini dapat didengar beberapa hari sebelum kematian anggota keluarga dan dalam kebanyakan kasus lagu tersebut hanya dapat didengar oleh orang yang memang dimaksudkannya.

Di sisi lain dari koin kita memiliki Banshee marah dan menakutkan yang kebanyakan dari kita kenal. Selama hidup mereka, para wanita ini punya alasan untuk membenci keluarga mereka dan muncul sebagai penampakan yang menyimpang dan menakutkan yang dipenuhi dengan kebencian. Raungan yang dipancarkan oleh Banshees ini sudah cukup untuk membuatmu merinding dan bukannya muncul untuk memperingatkan anggota keluarga, Banshees ini merayakan kematian seseorang yang mereka benci pada masa depan!

Legenda Lainnya

Kisah mitologi Irlandia lainnya yang berkaitan dengan Banshee mengatakan bahwa dia adalah hantu seorang gadis muda yang menderita kematian brutal dan semangatnya tetap untuk memperingatkan anggota keluarga bahwa kematian dengan kekerasan sudah dekat. Dikatakan bahwa Banshee ini muncul sebagai wanita tua dengan gigi busuk dan kuku panjang. Dia memakai kain dan memiliki mata merah darah yang penuh dengan kebencian sehingga menatap langsung ke dalamnya akan menyebabkan kematian segera! Mulut Banshee ini selalu terbuka saat teriakannya yang tajam menyiksa jiwa-jiwa yang hidup.

Menurut beberapa dongeng, ada Banshees jahat yang memperoleh kesenangan dari mengambil nyawa dan mereka secara aktif mencari korbannya dan meratapinya ke titik di mana orang itu melakukan bunuh diri atau menjadi gila. Bahkan ada Banshees yang dapat merobek-robek orang dan penampakan mengerikan ini adalah fitur dalam film horor modern. Penting untuk dicatat bahwa Banshees tidak membawa kematian; mereka memperingatkannya dan memberi keluarga waktu untuk bersiap menghadapi yang tak terhindarkan.

Pengetahuan Tersembunyi

Tidak ada yang benar-benar yakin dari mana Banshe mendapatkan pengetahuan mereka tentang kematian seseorang. Satu teori menyatakan bahwa setiap anggota keluarga memiliki pengamat pribadinya sendiri yang mengikutinya berkeliling dan melaporkan kembali ke Banshee. Namun, ini adalah kepercayaan yang perlahan-lahan sekarat seperti kisah Banshee yang sekarang dianggap tidak lebih dari cerita pengantar tidur yang menyeramkan.

Berabad-abad yang lalu, kepercayaan pada Banshees lebih luas di Irlandia dan menjadi kafir dikatakan menghujat; mungkin Anda memiliki kakek nenek yang masih memegang kepercayaan ini! Bagi kita semua, legenda Banshee jatuh ke dalam kategori mitos dan takhayul jadi jika Anda menikmati malam di Irlandia dan mendengar teriakan menusuk, sepertinya bukan Banshee yang menawarkan peringatan!

Comments are closed.